Langsung ke konten utama

Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication

Pertanyaan umum yang diajukan dari pengguna aplikasi adalah, “Apa perbedaan sql server authentication dan windows authentication ?” Meskipun banyak yang menjelaskan perbedaan kedua nya di internet, di sini saya akan coba menjelaskan dan merinkas nya sebagai berikut.

Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication


Baca juga artikel lainya di blog ini:


Windows Authentication

Tipe Autentikasi Windows (Windows Authentication) adalah autentikasi menggunakan user atau group windows yang ada di dalam mesin tersebut atau user dan group yang berada pada domain yang sama dengan mesin tersebut. Artinya untuk akses ke dalam SQL server kita bisa menambahkan user kita yang di gunakan untuk login ke dalam komputer kita atau user yang di gunakan untuk login ke dalam server tersebut, sebagai contoh kalian di dalam sebuah perusahaan dimana semua komputer dan server tergabung dalam satu domain, dengan menggunakan metode login tipe Windows Authentication kalian bisa menambahkan user windows kalian untuk bisa login ke dalam SQL Server database.

Kemudahan lainnya adalah kalian dapat memberikan akses ke SQL Server menggunakan grup yang ditentukan dalam AD atau logal group. Kita bisa ambil contoh sebuah perusahaan mempunyai 4 DBA, daripada kita membuat individual user untuk ke empat DBA tersebut kita  bisa menambahkan akses untuk group DBA ke database server. Jika salah satu DBA resign dari perusahaan kalian cukup mengeluarkan user nya dari group DBA yang ada di Active directory dan tidak ada tambahan langkah yang harus kalian lakukan lagi pada database server. 

SQL Server Authentication

Tipe Otentikasi SQL Server berarti akun berada di database master server SQL tetapi tidak ada di Domain. Nama pengguna dan kata sandi disimpan dalam database master. Jika akun ini perlu mengakses lebih dari 1 instance SQL Server, maka itu harus dibuat pada setiap instance. Jika kata sandi perlu diubah, itu perlu diubah pada setiap instance satu per satu agar semuanya tetap sinkron. Menggunakan SQL Server Authentication memberi Kalian kemampuan untuk mengesampingkan rule Keamanan Domain dalam hal kerumitan kata sandi dan kedaluwarsa kata sandi. Tetapi ini dapat menyebabkan akun yang kurang aman dengan hak istimewa yang lebih tinggi di database Kalian.

Bisakah sebuah akun menggunakan SQL authentication dan Windows Authentication?

Tidak. Akun tidak dapat menggunakan kedua jenis autentikasi. Harus diputuskan pada saat pembuatan metode otentikasi mana yang akan digunakan. Setelah diputuskan maka akun dibuat di AD atau di SQL Server.

Kalian dapat membuat akun SQL Server dengan nama yang sama dengan akun Windows tetapi ini tidak disarankan. Ini menambah kebingungan akun mana yang digunakan pada waktu tertentu dan dapat membuat pengelolaan akun menjadi rumit.

Apakah bisa merubah tipe autentikasi user account yang di gunakan ?

Kalian tidak dapat mengubah metode otentikasi akun. Prosesnya sedikit lebih mendalam. Jika Kalian ingin menggunakan Otentikasi SQL daripada Windows, sebelum membuat perubahan apa pun, disarankan untuk menyelesaikan audit untuk memastikan tidak ada proses windows yang menggunakan akun. Ini akan mencakup string koneksi apa pun dalam aplikasi. Saat Kalian menentukan string koneksi ke database, Kalian juga menentukan metode otentikasi yang akan digunakan.

Setelah ditentukan tidak ada yang menggunakan akun, akun windows perlu dihapus dari contoh SQL Server. 

Catatan: Pastikan untuk mendokumentasikan semua pengaturan access untuk memastikan akun baru memiliki hak istimewa yang diperlukan. (Juga, disarankan untuk menghapus akun dari AD untuk menjaga AD agar tetap rapih dan tidak berantakan dengan akun yang tidak lagi diperlukan atau diinginkan.) 

Ringkasan

Otentikasi Windows menggunakan User Account Manager atau Active Directory untuk mengelola akun pengguna dan kata sandi. Akun tersebut dapat menjadi bagian dari grup Active Directory. SQL Server menggunakan AD untuk memvalidasi akun aktif dan kemudian memeriksa izin apa yang dimiliki akun tersebut di SQL Server.

Otentikasi SQL Server mengelola akun dan kata sandi yang dibuat. Informasi ini disimpan dalam Master Database.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Troubleshoot Asus x200M yang Mati Total

Baru-baru ini saya mengalami masalah pada netbook saya netbook Asus x200M yang saya beli 2 tahun lalu mengalami masalah mati total pada saat di pakai, netbook tiba2 saja mati, saya coba charge pun indikator batery pada notebook tidak menyala sudah coba segala cara termasuk menekan tombol power sekita 5 -10 menit namun tetap tidak ada tanda-tanda kehidupan. Awal masalah di karenakan pada saat memakai notebook dengan tidak di carge mengalami low-battery kemudian saya coba carge namun saya lupa apakah listrik nya masuk ke netbook atau tidak, kemudian tiba-tiba saja netbook nya mati, tidak bisa di charge dan di hidupkan manual dengan cara menekan tombol power yang lama pun tidak bisa Karena kedua cara tersebut tidak berhasil dan berhubung saya tidak bisa cabut batery netbook di karenakan battery nya tidak plug and play (unremovable) maka saya putuskan pergi ke tempat sevice namun beberapa tempat service mengatakan bahwa netbook saya mengalami kerusakan pada IC Powernya dan harus

Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools

Setelah pada tulisan terdahulu saya menulis tentang step by step installasi SQL Server 2005 dan 2008 Express , kali ini saya akan mencoba sharing bagaimana menginstall SQL Server 2012 . Sama seperti para pendahulu nya pada SQL Server 2012 memerlukan spesifikasi hardware khusus dan beberapa software harus telah terinstall pada komputer. Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication MEMBUAT SCHEDULE BACKUP PADA SQL SEVER Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Kebutuhan Processor, memory dan Sistem Operasi : Processor Minimum  X86 processor : 1 GHz  X64 processor : 2 GHz  Rekomendasi Untuk kecepatan prosessor lebih tinggi lebih baik, rekomendasi dari Microsoft sendiri adalah 2.0 GHz atau lebih.  Memory Minimum  Edisi SQL Server Express : 51

Outlook 2016 / Outlook office365 can't show print preview / blank print preview

  Beberapa kali saya mendapatkan keluhan user mengenai print preview pada Microsoft Outlook yang tidak tampil sehingga meyebabkan email tersebut tidak bisa di cetak. Saya tidak tahu penyebab utamnya apa, namun untuk menyelesaikan masalah tersebut caranya sangat mudah, beikut cara untuk menyelesaikan masalah tersebut pada outlook 2016 / outlook office365. Tutup applikasi outlook -> Masuk ke folder %AppData%\Microsoft\Outlook" rename atau delete file “OutlPrnt” Itulah sedikit langkah yang bisa di coba untuk menyelesaikan masalah tersebut, semoga dapat membantu orang-orang yang mempunyai masalah yang sama.

MEMBUAT SCHEDULE BACKUP PADA SQL SEVER

Backup merupakan suatu proses menduplikasi data atau membuat data cadangan dari data yang ada, backup bertujuan untuk mengembalikan data apabila kita kehilangan data master selain itu backup juga berguna untuk membalikan data ke titik waktu tertentu. Karena penting nya backup data, pada tulisan kali ini saya akan coba membagikan tulisan bagaimana membuat schedule backup pada SQL Server. Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Buka SQL Server management studio kemudian konek ke database server nya Setelah terkoneksi dengan database server pada Object Explorer pilih Management Selanjutnya pilih sub menu “Maintenance Plans” kilik kanan->

Perbedaan User dan Login pada SQL Server

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan login dan user pada SQL Server, microsoft memperkenalkan teminologi baru pada SQL Server, yaitu pada Server dan pada database nya sendiri sehingga jika di gambarkan akan seperti berikut: login = Server user = database Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Jadi jika di lihat dari gambaran di atas, login di gunakan untuk akses ke Server SQL nya dan user di gunakan untuk mengakses database yang ada di dalam nya, mungkin untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar di bawah ini; Untuk lebih jelasnya kita coba langsung pada SQL Server nya, pertama-tama buka SQL Server Management studio d