Langsung ke konten utama

Rumus Vlookup di Google Sheet

Mangtuts - Google sheets VLOKKUP dapat di gunakan untuk mencari sebuah nilai di dalam sebuah kolom dan ketika nilai nya di temukan akan mengembalikan nilai dari baris yang sama dalam kolom yang sudah di tentukan.

Jika deskripsi tersebut rada-rada terdengar aneh atau sulit di pahami, berikut adalah cara lain agar kalian bisa faham dengan fungis vlookup itu sendiri

Misalkan kalian pergi ke sebuah cafee yang mahal dan kalian melihat menu mereka untuk memesan makanan yang enak tetapi kalian juga tidak ingin kantong Kalian menjadi kosong, jadi kalian mulai melihat menu dan ketika kalian menemukan sesuatu yang kalian sukai kalian menggerakan mata kalian ke sisi sebelah nya dan melihat harga hidangan tersebut, kira-kira begitulah kerja dari Vlookup itu sendiri.

Jika kalian turun ke daftar item selanjutnya, cari item yang di tentukan dan kemudian kembalikan nilai yang sesuai dengan baris tersebut.

Tapi bagaimana sebenarnya VLOOKUP itu bekerja ? Jika kalian masih bingung tentang fungsi VLOOKUP di google sheets, bersabarkan sampai kalian menemukan contoh nya di tulisan saya ini.

sebelum itu mari kita lihat sintaks dari VLOOKUP itu sendiri

Seperti inilah rumus VLOOKUP:

VLOOKUP(search_key, range, index, [is_sorted])

search_key – Ini adalah nilai atau item yang Kalian cari. Misalnya, dalam kasus restoran, itu akan menjadi burger atau pizza.

range – ini adalah range yang akan digunakan dalam fungsi Vlookup. Kolom paling kiri dari rentang ini akan dicari untuk search_key.

indeks – ini adalah nomor kolom dari mana Kalian ingin mendapatkan hasilnya. Kolom pertama dalam rentang adalah 1, kolom kedua adalah 2, dan seterusnya. Perhatikan bahwa nilai ini harus antara 1 dan jumlah total kolom. Jika tidak, maka itu akan mengembalikan #VALUE! Error.

is_sorted – [TRUE secara default] – dalam argumen ini, Kalian dapat menentukan apakah Kalian mencari kecocokan persis atau kecocokan perkiraan. Kalian dapat menggunakan FALSE untuk pencocokan tepat dan TRUE untuk pencocokan perkiraan. Saat Kalian menggunakan TRUE, daftar harus diurutkan secara menaik. Jika Kalian tidak menentukan nilai di sini, dibutuhkan TRUE sebagai default. Perhatikan bahwa untuk menggunakan

Sekarang mari kita lihat beberapa contoh untuk memahami cara menggunakan fungsi Google Sheets Vlookup dalam skenario kehidupan nyata.

Baca Artikel Lainya Juga


Contoh 1: Temukan Nilai Siswa Dari Daftar

Dalam Contoh di bawah ini, saya memiliki nama siswa dan nilai mereka dalam suatu mata pelajaran (katakanlah Matematika).

Sebagai seorang guru, Kalian mungkin perlu dengan cepat menarik nilai siswa dari daftar yang bisa jadi sangat besar.

cara vlookup di google sheet

Mengetahui VLOOKUP akan sangat membantu dalam kasus seperti itu.

Berikut adalah rumus yang akan memberi Kalian nilai siswa yang ditentukan.

=VLOOKUP(F2,B3:C12,2,FALSE)

rumus vlookup di google sheet

Sekarang ketika Kalian mengubah nama di sel F2, rumus akan secara otomatis memperbarui dan mengembalikan nilai siswa itu.

Kiat Pro: Kalian juga dapat membuat daftar drop-down siswa sehingga Kalian tidak perlu memasukkan nama secara manual.

Contoh 2: Temukan Nilai Siswa menggunakan Fungsi VLOOKUP Google Spreadsheet

Dalam Contoh 1, Kalian mencari nama yang sama persis untuk mendapatkan nilai

Dalam contoh ini, izinkan saya menunjukkan cara menggunakan kecocokan perkiraan untuk mendapatkan nilai siswa berdasarkan nilai mereka.

Di bawah ini adalah tabel nilai yang akan menentukan nilai seorang siswa:

rumus vlookup google sheet

Dalam contoh ini, kita perlu mencari nilai di kolom D berdasarkan nilai (di kolom C). Skala penilaian ada di F3:G8.

Sekarang sebelum menggunakan ini, Kalian perlu tahu bahwa rentang penilaian harus dalam format yang diberikan. Misalnya, Kalian tidak dapat memiliki 0-30, 30-50, 50-70, dan seterusnya di sini. Kalian harus memiliki nomor yang diurutkan dalam urutan menaik.

Berikut adalah rumus yang akan memberi Kalian nilai:

=VLOOKUP(C3,F3:G8,2)

formula google sheets

Bagaimana cara kerjanya: Fungsi VLOOKUP mencari skor yang ditentukan (yang merupakan kunci_pencarian dalam kasus ini) dan mencarinya di kolom 'Rentang Nilai (yang merupakan kolom paling kiri dari rentang pencarian). Ia memindai dari atas ke bawah dan ketika menemukan nomor yang lebih besar dari dirinya sendiri, ia mengembalikan nilai dari baris sebelumnya. Misalnya, jika nilainya adalah 44, maka fungsinya akan melihat melalui angka-angka di F3:F8. Karena 0 kurang dari 44, ia bergerak ke 30 yang sekali lagi lebih rendah dari 44, jadi ia bergerak ke 50 yang lebih tinggi. Jadi ia kembali ke nilai sebelumnya (yaitu 30) dan mengembalikan nilainya (yaitu E).

Contoh 3: Pencarian Dua Arah Menggunakan Fungsi Vlookup Google Sheets

Apa yang telah kita lihat sejauh ini adalah menggunakan Vlookup untuk mengembalikan nilai dari satu kolom, karena kita telah melakukan hard code ke dalam rumus. Misalnya, dalam kasus Contoh 1, itu akan selalu mengembalikan skor dari kolom 2, karena kami telah menentukan nilai 2 secara hardcode pada rumus tersebut.

Namun, misalkan Kalian memiliki kumpulan data seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

vlookup google sheets

Di sini, Kalian dapat menggunakan teknik pencarian 2 arah untuk mengambil nilai untuk Diana (di sel G4) di Matematika (di sel H3).

Berikut adalah rumus yang dipakai dalam kasus tersebut:

=VLOOKUP(G3,B3:E12,MATCH(H2,B2:E2,0),0)

vlookup google sheets

Bagaimana cara kerjanya: Dalam hal ini, untuk membuat bagian subjek dinamis, kami telah menggunakan fungsi MATCH di dalam fungsi VLOOKUP. Fungsi MATCH mencari nama subjek di B3:E3 dan mengembalikan nomor kolom di mana ia menemukan kecocokan. Nomor kolom ini kemudian digunakan dalam fungsi VLOOKUP untuk mengembalikan nilai siswa yang ditentukan dalam mata pelajaran tersebut.

Kami berharap artikel VLOOKUP for Dummies ini telah membantu menjelaskan cara kerja VLOOKUP di Google Spreadsheet.

Ringkasan :

- Rumus VLOOKUP bisa di gunakan juga di Google Sheets

- Rumus VLOOKUP di gunakan untuk mencari sebuah nilai di dalam banyak kumpulan data

- Rumus VlOOKUP bisa di gunakan berbarengan dengan rumus MATCH seperti dalam contoh 3

Itu dia sekilas tentang VLOOKUP di google sheets, cukup mudah bukan ? kalian bisa mencoba dan mempraktekan nya langsung di google sheets kalian, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dukung terus blog ini dengan cara membagikan artikel yang ada di dalamnya kepada teman dan rekan kerja anda dan sampai jumpa di artikel selanjutnya..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Troubleshoot Asus x200M yang Mati Total

Baru-baru ini saya mengalami masalah pada netbook saya netbook Asus x200M yang saya beli 2 tahun lalu mengalami masalah mati total pada saat di pakai, netbook tiba2 saja mati, saya coba charge pun indikator batery pada notebook tidak menyala sudah coba segala cara termasuk menekan tombol power sekita 5 -10 menit namun tetap tidak ada tanda-tanda kehidupan. Awal masalah di karenakan pada saat memakai notebook dengan tidak di carge mengalami low-battery kemudian saya coba carge namun saya lupa apakah listrik nya masuk ke netbook atau tidak, kemudian tiba-tiba saja netbook nya mati, tidak bisa di charge dan di hidupkan manual dengan cara menekan tombol power yang lama pun tidak bisa Karena kedua cara tersebut tidak berhasil dan berhubung saya tidak bisa cabut batery netbook di karenakan battery nya tidak plug and play (unremovable) maka saya putuskan pergi ke tempat sevice namun beberapa tempat service mengatakan bahwa netbook saya mengalami kerusakan pada IC Powernya dan harus

Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools

Setelah pada tulisan terdahulu saya menulis tentang step by step installasi SQL Server 2005 dan 2008 Express , kali ini saya akan mencoba sharing bagaimana menginstall SQL Server 2012 . Sama seperti para pendahulu nya pada SQL Server 2012 memerlukan spesifikasi hardware khusus dan beberapa software harus telah terinstall pada komputer. Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication MEMBUAT SCHEDULE BACKUP PADA SQL SEVER Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Kebutuhan Processor, memory dan Sistem Operasi : Processor Minimum  X86 processor : 1 GHz  X64 processor : 2 GHz  Rekomendasi Untuk kecepatan prosessor lebih tinggi lebih baik, rekomendasi dari Microsoft sendiri adalah 2.0 GHz atau lebih.  Memory Minimum  Edisi SQL Server Express : 51

MEMBUAT SCHEDULE BACKUP PADA SQL SEVER

Backup merupakan suatu proses menduplikasi data atau membuat data cadangan dari data yang ada, backup bertujuan untuk mengembalikan data apabila kita kehilangan data master selain itu backup juga berguna untuk membalikan data ke titik waktu tertentu. Karena penting nya backup data, pada tulisan kali ini saya akan coba membagikan tulisan bagaimana membuat schedule backup pada SQL Server. Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Buka SQL Server management studio kemudian konek ke database server nya Setelah terkoneksi dengan database server pada Object Explorer pilih Management Selanjutnya pilih sub menu “Maintenance Plans” kilik kanan->

Set Default printer "Error 0x00000709: Can’t Set Default Printer"

Beberapa hari yang lalu saya mempunyai masalah dengan printer printer yang baru saya set di komputer client tidak bisa di jadikan default printer, setelah saya coba cari tau, ternyata untuk mengatasi masalah itu cukup simple. ok jika sobat mengalami hal yang sama seperti saya untuk menyelesaikan masalah tersebut kita perlu menghapus satu key pada register pc, ok langsung kita buka Register Editor dengan cara RUN-> Regedit Win+R -> ketik Regeditegedit Delete key "Device" pada HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows Jika tidak bisa menghapus key tersebut, set permission dulu untuk key tersebut, caranya pilih menu Edit->Permission Setelah key tersebut berhasil di delete, restart PC atau notebook yang di gunakan kemudian coba set default printer lagi ~~>>Terima kasih<<~~

Perbedaan User dan Login pada SQL Server

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan login dan user pada SQL Server, microsoft memperkenalkan teminologi baru pada SQL Server, yaitu pada Server dan pada database nya sendiri sehingga jika di gambarkan akan seperti berikut: login = Server user = database Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Jadi jika di lihat dari gambaran di atas, login di gunakan untuk akses ke Server SQL nya dan user di gunakan untuk mengakses database yang ada di dalam nya, mungkin untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar di bawah ini; Untuk lebih jelasnya kita coba langsung pada SQL Server nya, pertama-tama buka SQL Server Management studio d