Perbedaan Database Mail dan SQL Mail


Database mail merupakan konsep baru yang diperkenalkan dalam SQL Server 2005 yang di ciptakan sebagai pengganti SQLMail dari SQL Server versi sebelumnya. Database Mail memiliki banyak peningkatan lebih dari SQL Mail. Database Mail didasarkan pada SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sangat cepat dan handal daripada SQLMail yang di ciptakan berdasarkan MAPI (Messaging Application Programming Interface). Database mail bergantung pada Layanan Broker sehingga layanan ini harus diaktifkan untuk menggunakan Database Mail. Database Mail dapat dienkripsi untuk keamanan tambahan.
SQL mail menggunakan MAPI client komponen dari applikasi email tambahan (mail client) seperti outlook untuk mengirim dan menerima email, sehingga untuk menggunakan SQL mail kita harus menginstall juga aplikasi email client yang support MAPI pada server yang di gunakan sebagai Database Server. SQL mail menggunakan MAPI yang di sediakan oleh aplikasi email client (outlook) agar SQL Server dapat berkomunikasi dengan email server.

Singkatnya, saya sarankan jika Anda menggunakan SQLMail, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk upgrade ke Database Mail karena pada SQL Server 2012 sudah tidak support SQL Mail.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Database Mail dan SQL Mail"

Posting Komentar